Belajar Jadi Penulis di #KataDepanMenulis

Posted by: Unknown in ,

Hari minggu kemarin penerbit katadepan mengadakan talk show sekaligus pelatihan menulis yang bertema "Menulis karena Cinta, Menulis karena Suka" di Gramedia Matraman, Jakarta Timur.


sumber: @gramediamatraman
Kebetulan untuk acara yang kali ini gue ditemani mama tersayang dan gara-gara nungguin mama yang dan-dannya "kaya begitu" alhasil gue telat pas sampai di lokasi.

Sebelum masuk ke function room dimana acara ini diadakan gue registrasi dulu di meja dekat pintu depan. Btw, registrasi ini hanya diperlukan bagi peserta yang emang sebelumnya udah daftar via email di redaksi@penerbitkatadepan.com, keuntungan bagi mereka yang mendaftar via email adalah ada goodie bag spesial dari penerbit katadepan yang menunggu. Seperti ini




Acara udah mulai dan bangku udah hampir penuh. Untungnya masih ada beberapa bangku kosong di barisan paling depan, tempat yang strategis menurut gue buat ngambil foto, hehe...

dan ini lah para pembicara yang mengisi #KataDepanMenulis


dari ujung kanan ke kiri: @gitaromadhona@crowdstroia@dhitapuspitan@yzacx
Karena gue telat gue ngga sempet ngambil foto terlalu banyak, jadi langsung aja gue keluarin notebook + pulpen buat buru-buru nyatet materi berharga yang disampaikan.

Mbak Yayan, penulis novel Une Personne Au Bout De La Rue, menyampaikan bahwa sebenarnya penulis itu memiliki banyak ide dikepala, tulislah ide tersebut tanpa perlu memikirkan bagus atau tidak, katanya. Gue sendiri setuju banget karena kalo kebanyakan mikir ujung-ujungnya malah ragu buat nulis ide yang daritadi udah kepikiran. Satu hal lagi, buatlah judul tulisan yang semenarik mungkin, sarannya.

"Sebelum judulnya pakek bahasa Perancis pernah bahasa Indonesia dan itu NGGA ada yang mau baca, mbak!"

Begitu curhat sang penulis, mungkin maksud mbak Yayan yang baca cuma sedikit kali, yaa... tapi siapa sangka, yang awalnya hampir ngga ada yang tertarik untuk baca, akhirnya Une Personne Au Bout De La Rue telah dibaca lebih dari 4.000.000 kali di Wattpad! Kalo kata Mas Teguh sih "SUPER!!"





Point of View atau sudut pandang turut dibahas dalam acara ini dan sekarang giliran sang editor alias Mbak Gita lah yang berbicara.

Saran yang perlu diingat dari Mbak Gita untuk penulis pemula adalah:

Gunakan POV orang ketiga. Dengan ini penulis bisa leluasa menulis dan meminimalisir kesalahan karena seringkali mereka yang langsung mencoba POV tokoh utama "tergelincir". Tokoh utama yang seharusnya ngga bisa gitu aja langsung tau perasaan atau pikiran tokoh lain di dalam cerita malah seolah-olah menjadi "orang yang serba tahu" 

POV tokoh utama lebih baik digunakan untuk cerita yang tokoh-tokohnya sedikit

Di dalam penulisan cerita ngga bisa asal bergonta-ganti POV karena hal ini dapat membuat pembaca kebingungan


Selain saran untuk penggunaan POV Mbak Gita juga menyarankan penulis untuk MENGHINDARI yang namanya kebanyakan pengulangan kata. Kenapa? Pertama, pembaca bisa geregetan dan keburu bosen karena seakan-akan masalah hanya terpusat pada kata yang berulang tadi. Kedua, boros juga sih... yang harusnya udah bisa maju ke permasalahan lain karena kebanyakan pengulangan kata jadi masih stuck disitu-situ aja. Padahal udah berrrlembar-lembar... (Itu menurut gue ya, btw)



Nah, sampai disini dulu ya semuanya. Nanti bakalan gue lanjut lagi di "Belajar Jadi Penulis di #KataDepanMenulis part 2" so, stay tuned!

This entry was posted on Monday, March 20, 2017 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments

Post a Comment